Copyright 2020 - BDP Gapensi Jawa Barat

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 yang direkomendasikan 27 kabupaten/kota.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Moh.Ade Afriandi mengatakan gubernur akhirnya memutuskan untuk menetapkan UMK 2020. “Gubernur sudah menyetujui rekomendasi kabupaten/kota, sudah iya menyetujui,” katanya saat dihubungi, Kamis (21/11/2019) malam.

Meski petikan surat keputusan gubernur terkait UMK 2020 ini belum dirilis, penetapan mengacu kepada rekomendasi dari formulasi melalui surat edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, UMK terbesar di Jabar berlaku di Kabupaten Karawang yakni Rp 4.594.325.

Sementara rekomendasi angka terkecil yakni Rp 1.831.885 diberikan untuk Kota Banjar. Sehingga rata-ratanya, UMK di kabupaten/kota Jabar berkisar Rp 2.963.497.

Ade memastikan keputusan kenaikan ini sudah disetujui oleh semu pihak. Bahkan perwakilan asosiasi buruh Jawa Barat yang menemui Wagub Jabar Uu Ruzhanul petang tadi bisa memahami keputusan tersebut.

“Kalau ada pemahaman yang berbeda nanti ada ruang lain, karena kebijakan ini pasti tidak akan memuaskan semua pihak,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum sore tadi menerima audiensi Aliansi Buruh Jawa Barat di Ruang Rapat Malabar Gedung Sate.

Kepada perwakilan buruh dari berbagai serikat se-Jabar itu, Uu menegaskan bahwa bupati/wali kota 27 daerah di Jabar sudah mengajukan rekomendasi penetapan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Tahun 2020 kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Apa yang disampaikan buruh, harapan dan keinginan, kami (Pemda Provinsi Jabar) memahami itu. Kebutuhan hidup memang tidak bisa dihindari. Maka ada beberapa elemen dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terus kami formulasikan," kata Uu.

"Segala kebijakan pemerintah ini selalu berstandar pada keberpihakan kepada masyarakat," ujar Uu mengakhiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini : 
pemprov jabar

 

SUMBER BERITA : BISNIS.COM

Sumber berita

klik Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Jawa Barat Kamil beberapa waktu lalu mewacanakan pembangunan jalan tol baru di kawasan utara provinsi itu meskipun sudah ada tol Trans-Jawa yang melintasi daerah tersebut.

Jalan tol baru di wilayah utara Jabar dibutuhkan karena bisa mengurangi beban jalan tol Cipularang atau jalan tol Cikampek—Palimanan.

Lantas, bagaimana komentar Asosiasi Jalan Tol Indonesia ketika dimintai tanggapannya terkait dengan keinginan Ridwan kamil?

pada tanggal 25 April 2019 GAPENSI Jawa Barat bekerja sama dengan LPJKP Jawa Barat mengadakan WORKSHOP dan pelatihan langsung oleh narasumber dari LPJKP, dalam acara tersebut di hadiri oleh ketua GAPENSI Jawa Barat H. Susilo Wibowo, perserta dari 27 kota/ kabupaten Se Jawa Barat turut di undang dan menghadiri acara WORKSHOP tersebut di karenakan pentingnya ilmu yang di peroleh dalam WORKSHOP tersebut. 

  Ketua GAPENSI Jawa Barat Dalam sambutannya Menyambut dengan baik dan memberikan apresiasi atas kehadiran Staff BPC Se Jawa Barat dengan begitu antusias untuk memngikuti WORKSHOP ini.

 

gapensijabar.net:

Dalam acara RAPIMDA (Rapat Pimpinan Daerah) Pada Tanggal 8 Januari 2019 Bertepatan dengan hari Jadi GAPENSI yang ke-60. Ketua GAPENSI Jawa Barat H.Susilo Wibowo, S.IP. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2018 Anggota BPD GAPENSI Jawa Barat Jumlah Anggota menempati peringkat pertama dibandingkan BPD GAPENSI se Indonesia, ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran BPC GAPENSI se Jawa Barat atas dukungan dan peran aktifnya dalam memberikan pelayanan kepada Anggota.. Dalam acara tersebut dihadiri pula oleh Ketua Badan Pertimbangan GAPENSI Jawa Barat yang juga salah satu Anggota DPRD Jawa Barat komisi IV Bapak H. Ali Hasan, S. IP. beliau mengapresiasi kepada Pimpinan Daerah serta para Pimpinan di 27 Kota / Kabupaten se-Jawa Barat dan berharap BPD GAPENSI Jawa Barat tetap menjadi yang terbaik seluruh Indonesia. Adapun yang hadir pada saat acara hadir pula Walikota Cimahi Bapak Ir. H. Ajay Muhammad Priatna M.M. yang juga Anggota dewan Pertimbangan GAPENSI Jawa Barat mengapresiasi dan meberikan selamat hari jadi GAPENSI yang ke 60 semoga GAPENSI semakin berjaya dan semakin mewarnai pembangunan khususnya di Jawa Barat.

1.

2.

3.

4.

5.