Copyright 2017 - BDP Gapensi Jawa Barat

Keberadaan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) secara Nasional diawali sekitar tahun 1958 – 1959 dengan adanya prakarsa dari Menteri Pekerjaan Umum pada waktu itu Bp. Ir. Pangeran Noor, agar para Pemborong Bangunan dan organisasi-organisasi Pemborong Bangunan di seluruh Indonesia mengadakan kesepakatan untuk mendirikan suatu Gabungan Pemborong yang dapat menghimpn semua Pemborong agar bagi Pemerintah akan lebih efisien dan lebih terkoordinir dalam pembinaannya.

Prakarsa Pemerintahini disambut antusias oleh 3 organisasi Pemborong yang telah ada pada waktu itu yakni :

  1. Ikatan Pemborong Indonesia (IPEMBI) di Jakarta;

  2. Ikatan Ahli Bangunan Nasional (IABN) di Surabaya;

  3. Gabungan Pemborong Indonesia, di Bandung.

Dipelopori oleh ketiga Organisasi tersebut diatas, maka pada tanggal  27 September 1958 dibentuk Panitia Kongres Persatuan Pemborong Seluruh Indonesia yang berkedudukan di kota Malang – Jawa Timur. Selanjutnya pada tanggal 8 Januari 1959 bertempat di kota Tretes – Jawa Timur, dilaksanakan Kongres Pertama (I) Persatuan Pemborong Seluruh Indonesia yang dihadiri oleh sebanyak 570 Badan Usaha  Jasa Konstruksi dan menghasilkan beberapa Keputusan dan Ketetapan antara lain :

  1. Menetapkan berdirinya organisasi Gabungan Pemborong Nasional Seluruh Indonesia atau disingkat GAPENSI sebagai suatu wadah yang representatif dalam menghimpun, membina dan mengembangkan potensi Badan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi, baik itu milik Negara, milik Daerah, Koperasi maupun Swasta.

  2. Menetapkan susunan Presidium GAPENSI yang berkedudukan di Jakarta, terdiri dari :

  •  Ketua     : Ir. S. Dipokusumo  (Jakarta),

  •  Anggota : Ir. E. Padmakusumah (Bandung).

  •  Anggota : Syofwar Basuni (Palembang),

  •  Anggota : Asmoeadji (Malang),

  •  Anggota : Soeripto (Surabaya).

 

  1. Menugaskan kepada Presidium untuk memilih dan menetapkan Pengurus Harian dan menyusun Rancangan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GAPENSI untuk dibawa  kedalam Rapat Paripurna

Rapat Paripurna I Pengurus GAPENSI Pusat dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 1959, dihadiri oleh Utusan dari 15 Propinsi seluruh Indonesia berhasil menetapkan antara lain :

  1. Menerima Pengunduran diri Bp. Ir. S. Dipokusumo sebagai Ketua Presidium/Ketua Pengurus Harian GAPENSI Pusat, yang mendapat tugas baru dari Presiden sebagai Menteri Pekerjaan Umum RI.

  2. Mengangkat Bp. E. Kowara sebagai pengganti Ketua Presidium/Ketua Pengurus Harian GAPENSI Pusat.

  3. Menjadwalkan Pelaksanaan Kongres II GAPENSI dengan tujuan antara lain untuk Mengesahkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga GAPENSI.

Pada 10 Juli 1959, Pemerintah c/q Menteri Pekerjaan Umum RI menetapkan bahwa GAPENSI merupakan satu-satunya Organisasi Perusahaan Sejenis dalam bidang jasa pelaksana konstruksi yang diakui Pemerintah. Keberadaan GAPENSI secara Nasional, berikut fungsi dan peranannya berjalan sesuai dengan kondisi ekonomi dan politik yang berkembang di tanah air.

Menghadapi Akselerasi Modernisasi 25 Tahun yang dilaksanakan oleh Pemerintah melalui serangkaian Program Pembangunan Lima Tahun (PELITA), sejumlah kader dan anggota GAPENSI di Jawa Barat merasa terpicu untuk melakukan revitalisasi organisasi GAPENSI melalui pelaksanaan Musyawarah Daerah I GAPENSI Jawa Barat pada tahun 1976. Tercatat sejumlah nama-nama Tokoh Pengusaha yang pada masanya aktif melakukan revitalisasi organisasi GAPENSI di Jawa Barat antara lain :

  • Kol.Purn. H. Maman Darmawan (Alm),

  • Kol.Purn. RH. Cucu Ardiwinata (Alm),

  • H. Madomiharna,

  • H. Yoyo Kartoyo,

  • dan sederetan nama lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Sampai dengan saat ini GAPENSI Jawa Barat telah melaksanakan Musyawarah Daerah sebanyak sebelas kali :  

 

  1. MUSDA VI, Tangal 8 Mei 1991, terpilih H.YOYO KARTOYO, sebagai Ketua Umum dan H. UU RUKMANA sebagai Sekretaris Umum BPD GAPENSI Jawa Barat Masa Bhakti Tahun 1991 – 1994.

  2. MUSDA VII tanggal 6 April 1994, kembali memilih H.YOYO KARTOYO sebagai Ketua Umum dan ACHMAD HANAFIAH sebagai Sekretaris Umum BPD GAPENSI Jawa Barat Masa Bhakti Tahun 1994 – 1998.

  3. MUSDA VIII tanggal 30 April 1998 di Cirebon memilih ACHMAD HANAFIAH sebagai Ketua Umum dan  HM.GOEMELAR PERDANAKUSUMAH,Drs,ST,MM sebagai Sekretaris Umum BPD GAPENSI Jawa Barat Mas Bhakti Tahun 1998 – 2002. .

  4. MUSDA IX  tanggal 28 Maret 2002 di Bogor kembali memilih ACHMAD HANAFIAH sebagai Ketua Umum dan HM. GOEMELAR PERDANAKUSUMAH,Drs,ST,MM sebagai Sekretais Umum BPD GAPENSI Jawa Barat Masa Bhakti Tahun 2002 – 2006.

  5. MUSDA X tanggal 28 Maret 2006 di Purwakarta memilih ACHMAD HANAFIAH sebagai Ketua Umum dan H.YEYET R. HIDAYAT sebagai Sekretaris Umum BPD GAPENSI Jawa Barat Masa Bhakti Tahun 2006 – 2010 yang kemudian diperpanjang menjadi 5 tahun sampai dengan tahun 2011 dan sehubungan dengan terpilihnya ACHMAD HANAFIAH sebagai Sekretaris Jendral BPP pada MUNAS XII GAPENSI Tahun 2008 maka Jabatan Ketua Umum bealih kepada H. ALI HASAN, SIP.

  6. Dan terakhir MUSDA XI dilaksanakan di Bandung pada tanggal   08 s/d 10 Februari 2011.  memilih dan menetapkan Badan Pimpinan Daerah GAPENSI Jawa Barat Masa Bhakti Tahun 2011-2016 sekarang ini  terdiri dari :

  • Ketua Umum                   : HM. Goemelar Perdanakusumah, Drs,ST,MM,

  • Sekretaris Umum            : H. Yeyet R. Hidayat,

  • Bendahara Umum           : H.TB. Nasrul Ibnu HR.  

Sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GAPENSI, organisasi ini terbentuk atas dasar kesamaan Fungsi dan Kegiatan yaitu sebagai sesama Perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelaksana konstruksi.

Berbeda dengan para anggotanya yang merupakan Badan Usaha, maka GAPENSI merupakan suatu organisasi masa yang bersifat nir-laba (tidak melakukan usaha untuk mencari keuntungan materi) sehingga GAPENSI tidak mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP dari Dirjen Pajak. Seluruh kekayaan organisasi yang dikelola oleh BPD GAPENSI Jawa Barat, bersumber dari anggota dan dikembalikan kepada anggota dalam bentuk berbagai program pembinaan baik yang bersifat langsung maupun yang melalui Badan Pimpinan Cabang GAPENSI yang berdomisili disetiap Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Sampai dengan akhir tahun 2010, jumlah anggota GAPENSI di Jawa Barat tercatat sebanyak 3.200 Badan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi dari berbagai Klasifikasi dan Kualifikasi Usaha.

Dewasa ini  BPD GAPENSI Jawa Barat telah berhasil memiliki Gedung Kantor milik sendiri lengkap dengan perabot dan peralatan kantor, yang beralamat di :

  • Jl. Terusan Galunggung No. 7 – Bandung,

  • Telepon Nomor : (022) 7305421 – (022)7306654,

  •  Faximile : (022) 7333693,

  •  Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.